Tuesday, 30 September 2014
facebook twitter rss

Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen

Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen

Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen 281x300 Konsumen Cerdas Paham Perlindungan KonsumenKonsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen merupakan program pemerintah yang sedang dikerjakan untuk memenuhi program konsumen cerdas sekaligus memperingati hari konsumen. Sejatinya konsumen yang ada di indonesia memang perlu perlindungan. Dimana konsumen inilah yang menjadi sasaran dari produk berupa barang atau jasa yang ditawarkan. Konsumen inilah juga yang akan mencoba dan memakai produk tersebut.

Dari fakta yang ada, tidak sedikit konsumen dirugikan akibat membeli barang yang kurang atau tidak berkualitas yang ada di pasaran. Kebanyakan barang yang yang dibeli tidak sesuai SNI (Standart Nasional Indonesia). Yang berakibat mudah rusak atau tidak aman yang sewaktu-waktu bisa mengancam kenyamanan dan bahkan bisa mengancam nyawa konsumen. Contoh: Helm sepeda motor, perlengkapan sepeda motor, perlengkapan mobil, dan lain sebagainya. Barang-barang tersebut tentu berbahaya, jika ada kerusakan mendadak, bisa membahayakan diri sendiri bahkan juga orang lain.

Oleh karena itu, dari sedikit uraian di atas, Penting sekali agar Konsumen ini bisa cerdas dalam memilih atau memfilter barang mana yang betul-betul berkualitas SNI. Yang bermanfaat bagi konsumen betul-betul bisa terlindungi dari segala macam permasalahan yang terjadi saat setelah membeli produk di pasaran. Di sini Peran Pemerintah sangatlah berperan. Tidak hanya duduk manis di kursi kementrian saja, para menteri yang mempunyai wewenang ini membuat sebuah program tentang Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen yang tujuannya untuk melindungi konsumen dari produk yang ilegal.

Dalam sosialisasinya pemerintah dari Kementrian Perdagangan Republik Indonesia melakukannya dengan melalui internet. Sekilas sepertinya agak pro dan kontra tentang bagaimana cara sosialisasi untuk mencerdaskan konsumen ini. Jika sosialisasi hanya dilakukan di dunia maya atau dunia internet saja, maka ini tentu kurang tepat sasaran. Karena mengingat rakyat Indonesia yang tersebar mulai dari Sabang sampai Merauke berjumlah  kuran lebih 250 juta jiwa tidak semuanya menggunakan internet. Menurut kabar yang beredar kurang lebih ada 50% pengguna Internet yang ada di Indonesia. Jadi tidak semua warga negara Indonesia ini bisa mendapatkan informasi penting ini.

Namun, Keuntungannya, Informasi yang disebar melalui internet memang sangatlah super cepat. Yang bisa diharapkan adalah para pengguna internet ini jika sudah mendapatkan informasi, bisa segera untuk membagikan informasi ini kepada warga lainnya. Jadi ada sosialisasi dari pengguna internet kepada warga. Sehingga transfer informasi ini bisa didapatkan oleh setiap warga di Indonesia ini. Sosialisasi lainnya bisa dilakukan oleh pemerintah yaitu melalui Tim dan jajarannya mensosialisasikan melalui dunia nyata secara masif. Maka semakin sempurnya orang atau warga negara Indonesia ini bisa mendapatkan informasi yang menjadi program pemerintah ini. Bisa dilakukan dengan cara atau dalam bentuk seminar-seminar atau langsung pelatihan cara menjadi Konsumen cerdas memilih, dan lain sebagainya.

Tentu Program pemerintah ini akan bisa berjalan dengan baik dan lancar tatkala, warga negara Indonesia ini juga memberikan antusiasnya dalam ikut mensukseskan program ini. Sehingga Tujuan akhir dari program ini bisa dirasakan oleh semua pihak. Program sukses, pemerintah Kementrian Perdagangan Indonesia senang. Konsumen merasa senang dan Aman atas penggunaan produk yang dibeli untuk dikonsumsi atau dipakai. Pelaku Usaha pun diuntungkan dari pembeliannya produk yang dijual. Sehingga mereka mendapatkan untung. Semua mendapatkan tujuannya masing-masing. Sekian dari Penulis untuk berbagi Informasi berkaitan dengan Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen, semoga bermanfaat untuk Anda semua.

Related Posts to "Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen"

Response on "Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen"